Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan di Indomaret Cipanas Lebak Banten

Pahmi Ridwan
2411807112
2022
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan di Indomaret Cipanas Lebak Banten
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

ABSTRAK PAHMI RIDWAN. NIM 2411807112 Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan di Indomaret Cipanas Lebak Banten. Di Indonesia bisnis ritel seperti minimarket, supermarket, hypermarket dan sebagainya adalah bagian dari modernisasi dari pasar tradisional yang memungkinkan orang dapat berbelanja dengan fasilitas dan kenyamanan serta pelayanan yang baik, dan harga dari setiap produk yang cukup terjangkau, hal ini terus berkembang seirama dengan kebutuhan penduduk yang jumlahnya terus meningkat. Salah satu bisnis ritel yang melayani kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari adalah minimarket seperti Indomaret . Kompetisi antar perusahaan saat ini sangat ketat dan berkembang, seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Konsep pemasaran modern juga mengalami perkembangan dengan menempatkan konsumen sebagai perhatian utama. Perkembangan ini juga menuntut bisnis ritel seperti indomaret harus dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan, harga dan suasan toko senyaman dan semenarik mungkin untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di Indomaret. Alasan inilah yang menyebabkan penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan Pelanggan di Indomaret Cipanas Lebak Banten. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan Pelanggan di Indomaret Cipanas Lebak Banten. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif degan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara acak sederhana (Sample Random Sampling). Adapun sampel tersebut berjumlah 60 responden, dengan menggunakan analisis linear berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 68,70% faktor – faktor kepuasan pelanggan di Indomaret Cipanas Lebak Banten dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan, harga, dan Store Atmosphere sedangkan sisanya 31,30 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel harga, dan store atmosphere secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis, yaitu nilai Fhitung (40,929) > dari Ftabel = (2,70). Hasil Uji t menunjukkan variabel harga hasil analisis thitung (2,965), dan store atmosphere (3,689) dimana ttabel (1,672) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan sedangkan variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil thitung (1,272) dimana ttabel (1,672) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Indomaret Cipanas Lebak Banten. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi Kepuasan Pelanggan di Indomaret Cipanas Lebak Banten adalah store atmosphere.

Kata kunci: Kata kunci: kualitas pelayanan, harga, store atmosphere, kepuasan pelanggan.

S1 Manajemen
80