PENGARUH HARGA, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
Pada era bisnis saat ini, persaingan usaha di bidang perdagangan barang (retail) terasa semakin ketat. Kebutuhan akan ketersediaan barang-barang kebutuhan sehari-hari semakin meningkat seiring dengan jumlah permintaan akan pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang ada di masyarakat yang selalu meningkat setiap waktunya. Kegiatan penjualan yang dilakukan oleh pelaku usaha bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen, dengan harapan dapat mencapai keuntungan yang optimal, yang dapat tercapai apabila penjualan dapat dilaksanakan seperti apa yang telah direncanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Grosir Nazwa Bogor. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian penjelasan dengan metode penelitian berupa pengumpulan data dengan mempergunakan kuesioner. Model analisis data yang dipergunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel mempergunakan teknik non-probability sampling dan teknik pengambilan sampel berupa sampling inisidental. Adapun sampel berjumlah 97 responden, dengan mempergunakan regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 49,8% faktor-faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh harga, lokasi dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya 50,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan harga, lokasi dan kualitas pelayanan secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (32,718) > Ftabel (2,703). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (7,759) dan variabel lokasi menunjukkan hasil analisis thitung (4,531) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial kedua valiabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Grosir Nazwa Bogor. Adapun variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Grosir Nazwa Bogor dengan nilai hasil analisis thitung (-1,540). Variabel yang dominan mempengaruhi terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Grosir Nazwa Bogor adalah harga.
Kata kunci: harga, lokasi, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan.
- COVER_NENENG SULISTIAWATI_2411807011.pdf
- BAB I_NENENG SULISTIAWATI_2411807011.pdf
- BAB II_NENENG SULISTIAWATI_2411807011.pdf
- BAB III_NENENG SULISTIAWATI_2411807011.pdf
- BAB IV_NENENG SULISTIAWATI_2411807011.pdf
- BAB V_NENENG SULISTIAWATI_2411807011.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_NENENG SULISTIAWATI_2411807011.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.