Strategi Pemasaran Hotel New Ayuda Puncak

Tia Anggraeni
2431900245
2022
Strategi Pemasaran Hotel New Ayuda Puncak
Depok-GICI Business School-2022
Laporan Tugas Akhir (D III)

Pesatnya pertumbuhan bisnis perhotelan mengakibatkan tingkat persaingan antar hotel yang tinggi. Para pengelola hotel harus berusaha sebaik mungkin dalam memanfaatkan pasar yang ada dengan memberi image dan layanan khusus kepada para tamunya. Salah satunya yaitu Hotel New Ayuda Puncak yang berdiri sejak tahun 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh Hotel New Ayuda Puncak serta peluang dan ancaman yang dihadapi oleh Hotel New Ayuda Puncak, serta untuk mengetahui dan menganalisis alternatif strategi dan prioritas strategi yang harus digunakan oleh Hotel New Ayuda Puncak. Penelitian ini dilakukan di Hotel New Ayuda Puncak yang terletak di kawasan Megamendung, Puncak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Matriks SWOT. Hasil analisis SWOT dapat diketahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang harus dihadapi oleh Hotel New Ayuda Puncak. Kekuatan yang dimiliki oleh Hotel New Ayuda Puncak adalah Lokasi Yang Strategis, Memiliki fasilitas yang aman dan nyaman Promosi melalui media massa Kecepatan, ketelitian, kerapihan pekerja dalam bekerja, Lahan parkir yang luas, dan Memiliki beberapa hotel lainnya yang strategis. Kelemahaannya adalah Belom tersedia area untuk olahraga, Tidak terisinya beberapa posisi jabatan, Promosi yang belom efektif dan berkesinambungan. Peluangnya adalah Menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan, Meningkatnya jumlah pengunjung wisatawan. Dan Ancaman yang harus dihadapi oleh hotel new ayuda puncak adalah Terdapat pesaing lain seperti villa, wisma dan Hotel, Meningkatnya kualitas pelayanan dan fasilitas hotel pesaing.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Hotel New Ayuda Puncak, SWOT

D3 Manajemen Pemasaran
54