PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN GOOGLE ADS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FURNITUR DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA GRANDOME INDONESIA

Septian Andriyansyah
2411807034
2022
PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN GOOGLE ADS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FURNITUR DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA GRANDOME INDONESIA
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Promosi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam membangun dan memperkenalkan suatu merek atau produk/jasa. Pandemi covid-19 menjadikan kegiatan promosi semakin terbatas. Para pelaku usaha tentunya bersaing untuk mengatasi hal tersebut. Media sosial dan internet dinilai menjadi strategi promosi yang tepat di masa pandemi guna mengatasi keterbatasan dalam melakukan promosi. Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram dan Google Ads Terhadap Keputusan Pembelian Produk Furnitur Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Grandome Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Promosi melalui media sosial Instagram dan Google Ads Terhadap Keputusan Pembelian Produk Furnitur Di Masa Pandemi Covid-19 pada Grandome Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 109 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 73,80% faktor-faktor Keputusan Pembelian dijelaskan oleh media sosial Instagram dan Google Ads sedangkan sisanya 26,20% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari media sosial Instagram dan Google Ads secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk furnitur di masa pandemi covid-19 pada Grandome Indonesia dengan hasil analisis Fhitung = (153,305) > Ftabel = (3,08). Hasil Uji t variabel media sosial Instagram menunjukkan thitung (4,488) dimana ttabel (1,982) maka secara parsial variabel media sosial Instagram berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian serta variabel Google Ads menunjukkan hasil thitung (4,908) dimana ttabel (1,982) maka secara parsial variabel Google Ads berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian produk furnitur di masa pandemi covid-19 pada Grandome Indonesia adalah Google Ads.

Kata kunci: promosi, media sosial, instagram, google ads, keputusan pembelian.

S1 Manajemen
60