STRATEGI PEMASARAN TANAMAN HIDROPONIK DI KELURAHAN BOJONGKERTA

Dera Suci Ramadhan
2431900235
2022
STRATEGI PEMASARAN TANAMAN HIDROPONIK DI KELURAHAN BOJONGKERTA
Depok-GICI Business School-2022
Laporan Tugas Akhir (D III)

Dalam suatu persaingan usaha ataupun bisnis yang semakin meningkat maka dari itu kita harus menerapkan strategi yang lebih baik untuk mempertahankan suatu usaha atau bisnis yang dijalankan, tujuanya agar suatu usaha atau bisnis tersebut dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu pengusaha atau pembisnis harus kritis dalam memanfaatkan peluang usaha atau bisnis sehingga membuat perusahaan harus lebih baik dalam melaksanakan strategi pemasaranya. Dan promosi yang harus dilakukan oleh Tanaman Hidroponik Di Kelurahan Bojongkerta hanya mengandalkan promosi secara offline, akan tetapi dengan melihat perubahan zaman pada era teknologi saat ini hamper semua aktivitas suatu usaha ataupun bisnis dilakukan secara online, seperti halnya pemesanan suatu produk yang berupa makanan sehingga dapat dilihat mengakibatkan ketidak stabilan penjualan pada tanaman Hidroponik Di Kelurahan Bojongkerta sehingga dapat berpengaruh terhadap pendapatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, serta peluang dan ancaman yang dihadapi leh Tanaman Hidroponik Di kelurahan Bojongkerta, menganalisis strategi pemasaranya dan melakukan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities,Threats). Hasil analisis SWOT dapat diketahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang harus dihadapi oleh Tanaman Hidroponik Di Kelurahan Bojongkerta. Kekuatan yang dimiliki oleh tanaman hidroponik ini yaitu produk mendapatkan respon baik dari masyarakat, brand dikenal oleh masyarakat luas, produk yang dijual berkualitas baik, memiliki harga ekonomis sesuai dengan manfaat produk tersebut. Lalu untuk kelemahanya yaitu promosi yang dilakukan secara offline, barang gagal atau reject, produk dapat ditiru oleh pesaing. Dan peluangnya adalah daya beli yang kuat dihari tertentu, produk dapat diinovasi dengan berbagai varian, perkembangan teknologi informasi yangs emakin meningkat. Sedangkan untuk ancaman yang harus dihadapi oleh tanaman hidroponik ini yaitu kecanggihan alat promosi ditempat pesaing, banyak pesaing sejenis, banyaknya pedagang kaki lima yang menjual sayuran hidroponik dengan harga terjangkau dan kualitas sayuran hidroponik yang dihasilkan oleh pesaing lebih unggul.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Tanaman Hidroponik Di Kelurahan Bojongkerta, SWOT

D3 Manajemen Pemasaran
131