PENGARUH PROMOSI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FASHION HOMYPED MAN DI DEPARTEMEN STORE RAMAYANA TAJUR BOGOR

Solahudin
2411807048
2022
PENGARUH PROMOSI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FASHION HOMYPED MAN DI DEPARTEMEN STORE RAMAYANA TAJUR BOGOR
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Perkembangan bisnis seiring dengan berkembangnya zaman, dunia bisnis kian berkembang dan persaingan pun semakin ketat. Berbagai cara dilakukan para pelaku bisnis untuk mendapatkan laba dan menarik minat konsumen agar tidak tersingkir oleh kompetitor baru yang bermunculan. Agar mampu bersaing dipasar global para pelaku bisnis harus lebih memaksimalkan kinerja perusahaannya. Maka dari itu perusahaan harus lebih memahami berbagai kebutuhan, keinginan serta permintaan konsumen, dengan mengetahui berbagai kebutuhan dan keinginan konsumen maka perusahaan akan merancang strategi pemasaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut yang akan mengakibatkan terciptanya keuntungan yang sebanyk-banyaknya bagi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah secara simultan dan parsial promosi dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion Homypad Man di Departemen Store Ramayana Tajur Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 97 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 44,1% faktor-faktor keputusan membeli dapat dijelaskan oleh promosi dan citra merek, sedangkan sisanya 55,9% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel promosi dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (38,922) > Ftabel (3,09). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung¬ (3,010), dan citra merek menunjukkan hasil analisis thitung¬ (4,764), dimana ttabel (1,985), maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian fashion Homypad Man di Departemen Store Ramayana Tajur Bogor. Variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian fashion Homypad Man di Departemen Store Ramayana Tajur Bogor adalah variabel citra merek.

Kata kunci: promosi, citra merek, keputusan pembelian.

S1 Manajemen
144