Analisa Jaringan Distribusi dan Transportasi Produk Cake PT. THPC Pada Outlet Daerah JABODETABEK

Christina Wulan Sari
2411806944
2022
Analisa Jaringan Distribusi dan Transportasi Produk Cake PT. THPC Pada Outlet Daerah JABODETABEK
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Dengan adanya perkembangan dan kemajuan jaman serta gaya hidup yang semakin meningkat terhadap kebutuhan pokok termasuk konsumsi hidangan khusus seperti cakes, dessert, snack, ice cream, cookies, bread dan lain sebagainya pada bisnis kuliner yang semakin menjamur, maka perusahaan dan industri kuliner banyak berlomba-lomba menyusun strategi demi bertahan dan tetap mengembangkan perusahaan dan industrinya sekalipun di tengah krisis ekonomi dan pandemi sepanjang 2019 hingga saat ini. Dan permasalahan yang sering dihadapi adalah menurunnya tingkat penjualan secara drastis di banyaknya perusahaan dan industri kuliner yang memiliki dampak pada pengurangan tenaga kerja. Kemudian strategi yang kurang tepat dan cara bersaing yang kurang kompeten dapat menjadi penyebab kemunduran sebuah perusahaan. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana jaringan distribusi produk yang berlangsung, mengetahui distribusi cost per unit dan margin cost per unit produk cake pada perusahaan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jaringan distribusi yang diterapkan adalah dengan pembagian wilayah atau pemetaan wilayah terdekat, pada area Jakarta terdapat 5 wilayah yaitu : Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Jakarta Timur, sedangkan pada area luar Jakarta terdapat 4 wilayah yaitu : Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi untuk memudahkan jalur pengiriman produk hingga lebih terarah dan terstruktur ke semua outlet yang berada di 9 wilayah tersebut. Sedangkan untuk penentuan biaya distribusi produk dilakukan dengan pembagian sesuai kategori ukuran, dan presentase dari biaya transportasi yang ditentukan perusahaan, yaitu 15% untuk produk ukuran kecil, 35% untuk produk ukuran sedang dan 50% untuk produk ukuran besar. Serta dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa margin cost per unit produk dipengaruhi oleh volume pengiriman, biaya transportasi, dan jumlah produk per kategori yang dikirim ke semua outlet yang ada. Sehingga semakin besar volume pengiriman dengan biaya transportasi yang sama, akan berpengaruh pada semakin tingginya margin cost per unit produk atau dengan kata lain semakin tinggi tingkat keuntungan yang diperoleh perusahaan.

Kata kunci: Analisa Jaringan, Distribusi dan Transportasi, produk cake PT. THPC, JABODETABEK

S1 Manajemen
24