Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan di Alfamart Raya Tajur

Tasya Rokhmani
2411807055
2022
Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan di Alfamart Raya Tajur
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

TASYA ROKHMANI. NIM 2411807055. Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan di Alfamart Raya Tajur. Pekerjaan bisnis adalah bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Karena kegiatan bisnis merupakan suatu kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dalam perkembangan pada dunia bisnis yang sangat pesat merupakan suatu ancaman bagi para pelaku bisnis. Oleh karena itu para pelaku bisnis harus mampu menciptakan strategi harga yang menarik, kualitas pelayanan yang memuaskan agar dapat menarik konsumen untuk membeli produknya, begitu juga dengan promosi mempunyai peranan yang sangat penting dalam usaha meningkatkan penjualan produk suatu perusahaan. Salah satu kunci keberhasilan perusahaan adalah volume penjualannya, volume penjualan adalah suatu tahapan dalam proses pengambilan keputusan membeli dimana konsumen benar-benar membeli atau memakai suatu produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayan Terhadap Volume Penjualan Di Alfamart Raya Tajur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik Solvin dengan jumlah responden 100 konsumen. Data primer diolah dengan menggunakan uji instrument data, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 67,6% faktor-faktor volume penjualan dapat dijelaskan oleh promosi, harga, dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya 32,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel promosi, harga, dan kualitas pelayanan secara serempak berpengaruh positif dan siginifikan terhadap volume penjualan dengan hasil analisis yaitu Fhitung (66.871) > Ftabel(2.69). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel promosi menunjukkan hasil analisisis thitung (4.28), hasil analisis variabel harga menunjukkan thitung (4.223), hasil analisis variabel kualitas pelayanan menunjukkan thitung (4.28) dimana ttabel (1.966) maka secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan.

Kata kunci: Promosi, harga, kualitas pelayanan, volume penjualan

S1 Manajemen
144