Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian di toko Raudah Parfum Empang Bogor

Muhammad Soleh
.
61404022000300
2025
Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian di toko Raudah Parfum Empang Bogor
Depok-GICI Business School-2025
Jurnal

Penelitian ini bertujuan untuk menngetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian parfum di Toko Raudah Empang Bogor. Fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya penurunan penjualan parfum dari tahun 2023 sebesar 2.1 miliar menjadi 1.5 milyar di tahun 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuisioner kepada 100 responden yang merupakan pelanggan Toko Raudah Parfum. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Kualitas Produk (x) dan keputusan pembelian sebagai Variabel terikat (Y). Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhan dengan bantuan program SPSS. Hasil peneliatian menunjukan bahwa kualitas produk Berpengaruh terhadap keputusan pembelian parfum Raudah, yang ditujukan dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel Koefisien determinasi menunjukan 0.085 menunjukan bahwa 8.5 persen keputusan pembelian dipengaruhi oleh kualitas produk, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Berdasarkan hasil tersebut, Raudah Parfum diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk agar lebih mampu bersaing dan mempertahankan loyalitas konsumen di tengah ketatnya persaingan industri Parfum.

Kata kunci: Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

D3 Manajemen Pemasaran
4