STRATEGI PEMASARAN PADA PAUD DAHLIA 1 CIPURWASARI KARAWANG SELATAN JAWA BARAT
Dalam persaingan bisnis semakin ketat dan banyak sekali variasi baru yang memiliki perbedaan yang lebih baik. Oleh karena itu pengusaha/instansi sekolah harus teliti dan bersikap kritis dalam menangani masalah tersebut. Guna memanfaatkan peluang bisnis agar lebih baik lagi dan mampu mempertahankan eksistensinya dalam bidang strategi pemasarannya. Promosi yang dilakukan pada jasa Pendidikan ini dengan menggunakan Teknik mulut ke mulut, website, media sosial dan lain sebagainya yang ada disekolah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang dimiliki dan yang dihadapi oleh PAUD Dahlia 1 Cipurwasari Karawang Selatan Jawa Barat dan juga menganalisis Strategi Pemasaran Pada PAUD Dahlia 1 Cipurwasari Karawang Selatan Jawa Barat. Adapun Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif (deskriptif kualitatif) dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Hasil analisis SWOT dapat diketahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang harus dihadapi oleh PAUD Dahlia 1 Cipurwasari Karawang Selatan Jawa Barat. Kekuatan yang dimiliki oleh PAUD Dahlia 1 Cipurwasari ini adalah memiliki sarana prasarana sekolah yang baik, memadai, dan strategis lokasinya walau dikabupaten, harga terjangkau, mengikuti peraturan pemerintahan, waktu pembelajaran yang fleksibel dan sesuai. Kelemahannya yaitu sudah banyak sekali usaha dibidang jasa baik tentang les atau sekolah tambahan, seperti bimba aiueo yang bersertifikat, harga masih terbilang cukup besar, sistem promosi yangkurang sesuai. Peluang dari sekolah ini yaitu harga yang terjangkau, waktu dan sarana yang memadai, mengikuti trend dengan aktif dimedia sosial atau website, sudah terakreditasi oleh pemerintah, dan diakui oleh kalangan masyarakat serta memiliki aturan yang mengikuti kepemerintahan dengan melakukan berbagai evaluasi disetiap kegiatan yang telah dilaksankan disekolah. Ancamannya adalah yang harus dilewati oleh PAUD Dahlia 1 Cipurwasari adalah dengan banyaknya usaha yang sejenis baik dari dalam maupun luar kabupaten/kota, adanya alat atau sarana unggul, promosi bagus, dan terkadang mudah ditiru walau berbeda.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, PAUD Dahlia 1 Cipurwasari Karawang Selatan Jawa Barat
- JURNAL_RASWATI SILAWATI_61404021000280.gbs.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.