PENGARUH PELATIHAN GURU, MOTIVASI KERJA GURU, DAN FASILITAS SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SD SWASTA DI KECAMATAN KATAPANG KABUPATEN BANDUNG
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelatihan guru, motivasi kerja guru dan fasilitas sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan SD Swasta di Kecamatan Katapang Kabupaten bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif eksplanatori dan menggunakan desain survei eksplanatori. Penelitian ini menggunakan 111 sampel dan model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelatihan guru berpengaruh signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan dengan nilai thitung 6.656 > ttabel 1.662 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. 2) Motivasi kerja guru tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan dengan nilai thitung 0.459 < ttabel 1.662 dengan nilai signifikansi 0.647 > 0.05. 3) Fasilitas sekolah berpengaruh signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan yang memiliki nilai thitung 2.397 > ttabel 1.662 dan nilai signifikansi 0.018 < 0.05. 4) Secara simultan, pelatihan guru, motivasi kerja guru, dan fasilitas sekolah berpengaruh signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan dengan nilai Fhitung 1429,514 > Ftabel 2.453 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05.
Kata kunci: Pelatihan Guru, Motivasi Kerja Guru, Fasilitas Sekolah, Mutu Pendidikan