PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN APOTEK KIMIA FARMA (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BOGOR)

Hanisa
2411807097
2022
PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN APOTEK KIMIA FARMA (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BOGOR)
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Apotek menjadi tempat dilaksanakannya tenaga kefarmasian memiliki peran penting menjadi tempat untuk memperoleh informasi tentang obat terutama di masa pandemi ini kebutuhan terhadap obat semakin meningkat pesat, seperti Apotek Kimia Farma Kota Bogor. Dibalik itu masih banyak masyarakat semakin kritis terhadap pelayanan. Hal tersebut dapat dilihat dari masi adanya tulisan di media atau komplain langsung kepada pihak apotek atas pelayanan yang kurang memuaskan. Alasan inilah yang menyebabkan perlunya pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan Apotek Kimia Farma Bogor agar kepercayaan pelanggan semakin meningkat serta kepuasan pelanggan semakin baik pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Apotek Kimia Farma (Studi Kasus Masyarakat Kota Bogor). Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 45,30% faktor-faktor kepuasan pelanggan Apotek Kimia Farma Bogor sedangkan sisanya 54,70% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Apotek Kimia Farma Bogor dengan hasil analisis Fhitung = (28,371) > Ftabel = (2,700). Hasil Uji t menunjukkan variabel harga hasil analisis thitung (2,725), kualitas pelayanan (4,972) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan sedangkan variabel kualitas produk menunjukkan hasil thitung (0,917) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan Apotek Kimia Farma Bogor. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan Apotek Kimia Farma Bogor adalah kualitas pelayanan.

Kata kunci: Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

S1 Manajemen
85