PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA PROMOSI, DAN VOLUME PENJUALAN TERHADAP LABA PT MAYORA INDAH Tbk.

Firman Hidayat Nd
2421801618
2022
PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA PROMOSI, DAN VOLUME PENJUALAN TERHADAP LABA PT MAYORA INDAH Tbk.
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

ABSTRAK Firman Hidayat ND. NIM 2421801618. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan volume Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada PT Mayora Indah Tbk. PT Mayora Indah Tbk adalah salah satu kelompok bisnis di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 17 Februari 1977, tentunya target utama perusahaan ini adalah menciptakan laba semaksimal mungkin. Laba PT Mayora Indah Tbk mengalami fluktuasi dari tahun 2016-2020,5 tahun. Faktor yang mempengaruhi laba adalah biaya, baik biaya produksi maupun non produksi seperti biaya promosi. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih PT Mayora Indah Tbk. Dan tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih PT Mayora Indah Tbk. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu akuntansi keuangan. Dalam hal ini, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan akuntansi keuangan khususnya dalam fokus ilmu akuntansi biaya dan manajemen keuangan, dimana nantinya akan dibahas mengenai biayabiaya yang terdapat dalam perusahaan dan pengaruhnya terhadap laba perusahaan tersebut. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif. Sampel penelitian ini adalah penelitian populasi. Pengambilan sampel dengan metode non probability sampling dengan menggunakan quota sampling. Sumber data dari laporan keuangan PT Mayora Indah Tbk yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia dengan alamat website www.idx.co.id. Kemudian diolah dengan menggunakan bantuan software SPSS berdasarkan uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinansi. Berdasarkan dalam pengujian regresi berganda menunjukkan hasil F hitung sebesar .188 dengan tingkat signifikansi 0.899 yang lebih kecil dari 0,05, dimana nilai F hitung (.188) lebih besar dari nilai F tabelnya sebesar .188, pengujian regresi berganda menunjukkan hasil T hitung sebesar .188 dengan tingkat signifikansi 0.071 yang lebih kecil dari 0,05, dimana nilai T hitung (.1.071) lebih besar dari nilai T tabelnya sebesar .1.071. variabel biaya distribusi memiliki R hitung sebesar 0.397 dengan tingkat signifikansi 0,899 yang lebih besar dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima

Kata kunci: Kata kunci:Pengaruh Biaya Produksi, dan Biaya Promosi dan volume pejualan terhadap laba

S1 Akuntansi
309