Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Memilih SMK Insan Nur Muhammad

Lusi Putriyani
61404022000295
2025
Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Memilih SMK Insan Nur Muhammad
Depok-GICI Business School-2025
Jurnal

Saat ini Lembaga pendidikan semakin gencar dalam melakukan promosi guna meningkatkan jumlah pendaftar setiap tahunnya. Begitu juga dengan salah satu Lembaga pendidikan jenjang SMA/K di Kecamatan Tenjolaya, SMK Insan Nur Muhammad. Yang berfokus pada jurusan Akuntansi Keuangan Lembaga dan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Memilih SMK Insan Nur Muhammad. Jenis penelitian yang dugunakan adalah kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana . Penentuan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling yang meliputi insidental sampling. Jumlah sampel tersebut yaitu 70 reaponden. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi Statistical Program for Social Science (SPSS). Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 46,6% faktor keputusan memilih dapat dijelaskan oleh promosi. Sedangkan selebihnya 53,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Persamaan regresi linear sederhana diperoleh Y = 12.071 + 0.829X. Artinya semakin sesuai promosi maka semakin tinggi juga keputusan memilih pada SMK Insan Nur Muhammad. Hasil uji t membuktikan bahwa variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung (7.817) > ttabel (1.995), maka secara parsial variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih SMK Insan Nur Muhammad.

Kata kunci: Promosi, keputusan memilih.

D3 Manajemen Pemasaran
5