PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUNSCREEN FACETOLOGY PADA APLIKASI SHOPEE (Studi Kasus Masyarakat Kota Bogor)

Sapitri Sukma Pratiwi
61201021008864
2025
PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUNSCREEN FACETOLOGY PADA APLIKASI SHOPEE (Studi Kasus Masyarakat Kota Bogor)
Depok-GICI Business School-2025
Skripsi

Perkembangan industri kosmetik yang pesat di Indonesia melahirkan berbagai perusahaan baru yang bergerak di bidang perawatan kulit. Seperti merek Facetology dengan produk unggulannya Facetology Triple Care Sunscreen SPF 40 PA+++. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh citra merek, kualitas produk dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian sunscreen facetology pada aplikasi SHOPEE (studi kasus masyarakat kota bogor). Jenis penelitian berupa kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Model analisis yang digunakan analisis regresi linier berganda. Pemilihan sample dilakukan dengan cara purposive sampling yang berjumlah 100 responden. Hasil uji regresi menunjukkan variabel independent dijelaskan sebesar 62,8% Sedangkan 37,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk kedalam penelitian. Hasil uji F menunjukkam secara simultan variabel citra merek, kualitas produk dan electronic word of mouth berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian hasil analisis yaitu nilai Fhitung=56.611>Ftabel=2.700. Hasil uji T menunjukan citra merek memiliki hasil thitung(-0,138)<ttabel(1,984) secara parsial citra merek tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian sunscreen facetology pada SHOPEE. Kualitas produk dan electronic word of mouth berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian sunscreen facetology pada SHOPEE, karena kualitas produk menunjukan hasil thitung(4,562)>ttabel (1,984) dan electronic word of mouth menunjukan hasil thitung(4,243) >ttabel (1,984).

Kata kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Electronic Word Of Mouth, Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
2