ANALISIS PENGARUH PROMOSI PADA MEDIA SOSIAL, KUALITAS PELAYANAN, DAN STRATEGI HARGA TERHADAP KEBERLANJUTAN (SUSTAINABILITAS) EKONOMI UMKM KULINER DI DAERAH TAMBUN UTARA KABUPATEN BEKASI TAHUN 2025
Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari promosi pada media sosial, kualitas pelayanan dan strategi harga terhadap keberlanjutan (sustainabilitas) ekonomi UMKM didaerah Tambun Utara Kabupaten Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda. Pemilihan sample yang di lakukan adalah dengan purposive sampling. Adapun sampel tersebut terdiri dari 84 responden, dengan menggunakan analisis linier berganda. Hasil uji koefisien menunjukan determinasi menunjukan 56,1% yang memiliki arti bahwa nilai faktor faktor keberlanjutan (Sustainabilitas) ekonomi UMKM dpaat dijelaskan oleh pengaruh promosi pada media sosial, kualitas pelayanan dan strategi harga sedangkan 43,9% di pengaruhi oleh variabel lainnya. Berdasarkan hasil uji F dinyatakan bahwa promosi pada media sosial, kualitas pelayanan dan strategi harga berpengaruh secara positif dengan nilai Fhitung lebih besar (36.356) lebih besar dari Ftabel (2719), serta dalam uji T didapatkan nilai T hitung Promosi pada media sosial (4.723), kualitas pelayanan (0,901) dan strategi harga (2.904) sehingga dapat dinyatakan bahwa secara parsial variabel promosi pada media sosial dan strategi harga berpengaruh signifikan karena melebihi t tabel (1.807) sedangkan pada kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan karena nilai t hitung lebih kecil dari t tabel. Dan pada variabel dominan yang mempengaruhi keberlanjutan (Sustainabilitas) ekonomi UMKM adalah promosi pada media sosial dengan standardized coefficient 0,484.
Kata kunci: Promosi pada media sosial, kualitas pelayanan, strategi harga, sustainabilitas, UMKM Kuliner