PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN IMAGE TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA APLIKASI TOKOPEDIA DI DESA SUKADANAU DUSUN III KABUPATEN BEKASI

Annisa Fazriyatul Umar
Bambang Suntoro, SE., MM
61201021008592
2025
PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN IMAGE TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA APLIKASI TOKOPEDIA DI DESA SUKADANAU DUSUN III KABUPATEN BEKASI
Depok-GICI Business School-2025
Skripsi

Tokopedia adalah mall online yang memungkinkan penjual untuk membuka toko dan melakukan penjualan dengan mudah. Mengedepankan keamanan transaksi, Tokopedia menawarkan sebuah pengalaman jual beli online yang aman, mudah dan nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador dan image terhadap minat beli pada aplikasi belanja online Tokopedia. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengunakan IBM SPSS Statistik 21. Objek dari penelitian ini adalah para pengguna Tokopedia di tahun 2024. Penelitian ini terdapat tiga variabel dengan variabel independent yaitu Brand Ambassador (X1) 40,1%, Image (X2) 38%, serta variabel dependen Minat Beli (Y) 50% yang bertujuan untuk menguji apakah brand ambassador dan image berpengaruh terhadap minat beli pengguna aplikasi Tokopedia di Desa Sukadanau Dusun III pada tahun 2024. Pengambilan data pada penelitian ini menggunaka kuesioner. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Teknik sampling purposive, untuk jumlah responden sebanyak 100 pengguna aktif Tokopedia di tahun 2024. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji coba analisis dengan uji validitas, uji reliabilitas. Sedangkan data analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji homoskedasitas, dan uji hipotesis. Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung 40.1 dengan Ftabel = 0.05 sebesar 8.02 yang berarti signifikan. Selanjutnya hasil uji t menunjukkan bahwa Thitung untuk X1 adalah 59.9, untuk X2 adalah -1.20. Nilai ttabel pada a= 0.05 dengan derajat kebebasan adalah 2.02. Dengan demikian, X1 terbukti berpengaruh signifikan terhadap Y karena thitung > tt, sedangkan X2 tidak signifikan karena thitung < ttabel. Hasil dari penelitiann ini menyatakn bahwa pada variabel brand ambassador berpengaruh negatif terhadap minat beli pada Tokopedia, sedangkan variabel brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada Tokopedia

Kata kunci: Brand Ambassador, Image, dan Minat Beli

S1 Manajemen
1