PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA KSP SEHATI MAKMUR ABADI CABANG CIBITUNG TAHUN 2024

Anisa Naila Cahaya Putri
61201021008591
2025
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA KSP SEHATI MAKMUR ABADI CABANG CIBITUNG TAHUN 2024
Depok-GICI Business School-2025
Skripsi

Pada saat ini, persaingan di sektor lembaga keuangan, khususnya koperasi simpan pinjam, semakin meningkat. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan layanan keuangan yang mudah diakses, banyak koperasi baru bermunculan dan menawarkan produk pinjaman. Adapun permasalahan yang dihadapi seperti kualitas layanan yang belum optimal, tingkat kepercayaan nasabah yang masih perlu ditingkatkan, serta kepuasan nasabah yang belum maksimal. Hal ini berdampak pada loyalitas nasabah yang belum sepenuhnya terbentuk secara kuat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah pada KSP Sehati Makmur Abadi Cabang Cibitung Tahun 2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini pun berjumlah 95 responden, dengan menggunakan analisis linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 71,7% faktor-faktor loyalitas nasabah dipengaruhi oleh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Kepuasan, sedangkan sisanya 28,3% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk ke dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Kepuasan secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pinjaman nasabah dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung = (80,217) > dari Ftabel (2,700). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Kualitas Layanan menunjukkan hasil analisis thitung (signifikan dengan koefisien 0,400), variabel Kepercayaan menunjukkan hasil analisis thitung (signifikan dengan koefisien 0,335), dan variabel Kepuasan menunjukkan hasil analisis thitung (signifikan dengan koefisien 0,292), dimana ttabel (1,980), maka secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah di KSP Sehati Makmur Abadi Cabang Cibitung Tahun 2024. Variabel yang dominan mempengaruhi loyalitas pinjaman nasabah di KSP Sehati Makmur Abadi adalah Kualitas Layanan.

Kata kunci: Kualitas Layanan, Kepercayaan, Kepuasan, Loyalitas

S1 Manajemen
4