Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Jasa Doctor Shoes Bogor

Sasya Aprilia
2432000269
2024
Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Jasa Doctor Shoes Bogor
Depok-GICI Business School-2024
Laporan Tugas Akhir (D III)

Pertumbuhan industri jasa perawatan sepatu kini terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Persaingan yang semakin ketat menuntut pelaku usaha untuk mempunyai keunggulan dan membuat para pelaku usaha untuk terus memutar otak agar mampu bertahan dan bersaing dengan pesaing usaha lainnya. Usaha untuk menarik konsumen antara lain yaitu dengan cara meningkatkan promosi terhadap konsumen maupun calon konsumen agar menarik lebih banyak pelanggan yang memakai jasa laundry sepatu Doctor Shoes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis promosi yang berpengaruh atau tidaknya terhadap keputusan konsumen dalam memilih jasa Doctor Shoes. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian survei serta teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang datang ke Doctor Shoes Bogor. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Nonprobability Sampling yang meliputi Insidental Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Penelitian dilakukan dengan menggunakan aplikasi Statistical Program for Social Science (SPSS). Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 58,3% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh indikator pilihan produk, pilihan merek, pilihan penyalur, waktu pembelian dan jumlah pembelian. Sedangkan selebihnya 41,7% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitiian ini. Persamaan regresi linear sederhana diperoleh Y = 13.066 + 0.673X. Artinya, semakin sesuai promosi maka semakin tinggi pula keputusan pembelian pada Doctor Shoes Bogor. Hasil uji t membuktikan bahwa variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung (11.799) > ttabel (1.984), maka secara parsial variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Doctor Shoes Bogor.

Kata kunci: Promosi, Keputusan Pembelian

D3 Manajemen Pemasaran
23