PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA MIE AYAM LARIZA KABUPATEN BOGOR

Muhamad Rafi Alauddin
-
2412008316
2024
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA MIE AYAM LARIZA KABUPATEN BOGOR
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

ABSTRAK Muhamad Rafi Alauddin. NIM 2412008316. Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Mie Ayam Lariza Kabupaten Bogor. Di era globalisasi ini semakin meningkat dunia persaingan usaha dengan sangat pesat, salah satunya dibidang kuliner, banyaknya usaha yang sifatnya sejenis menyebabkan persaingan semakin ketat. Faktor keberhasilan suatu usaha ditengah dunia persaingan yang begitu ketat adalah dengan perhatian terhadap pelanggan dengan cara melibatkan keinginan dan kepuasan atas pelayanan. Adanya komplain dari pelanggan terkait kualitas pelayanan contohnya seperti kurang cepat dan tanggapnya penjual dalam melayani, penjual bersikap kurang ramah menjadi permasalahan di penelitian ini, itu sebabnya memberikan dampak kepuasan dengan kemampuan yang sesuai dengan produk yang ditawarkan. Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Mie Ayam Lariza Di Kabupaten Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuisioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling pada penelitian ini jumlah populasinya tidak diketahui sehingga menggunakan rumus lemeshow untuk mengetahuinya. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis linier berganda. Hasil uji regresi menunjukan bahwa 48,0% faktor – faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh harga dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya 52,0% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa simultan variabel harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis yaitu Fhitung (46.752) > dari F tabel (3,09). Hasil uji t menunjukan bahwa variabel harga menunjukan hasil analisis thitung (3.545) dan variabel kualitas pelayanan menunjukan hasil analisis thitung (5.328) dimana ttabel (1.984) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Mie Ayam Lariza Di Kabupaten Bogor. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan Mie Ayam Lariza Di Kabupaten Bogor adalah kualitas pelayanan.

Kata kunci: Kata kunci : Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan pelanggan

S1 Manajemen
43