Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Roti Saybread di Toko Indomaret Rest Area Setopan Sentul Bogor

Akbar Fadillah
2412008223
2024
Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Roti Saybread di Toko Indomaret Rest Area Setopan Sentul Bogor
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Pemasaran adalah sebuah strategi bisnis yang mengacu pada aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan suatu produk dan memberikan informasi tentang produk yang dijual perusahaan untuk mempengaruhi keputusan membeli konsumen dan untuk menciptakan nilai ekonomis suatu barang. Dikaitkan dengan penelitian yang dilakukan dengan judul Pengaruh Kualitas Produk Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian roti Saybread. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian roti Saybread. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 59,20% faktor-faktor keputusan pembelian roti Saybread dijelaskan oleh kualitas produk, harga dan promosi sedangkan sisanya 40,80% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari kualitas produk, harga dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian roti Saybread dengan hasil analisis Fhitung = (48,784) > Ftabel = (2,70). Hasil Uji t menunjukkan variabel kualitas produk hasil analisis thitung (3,989), dan promosi (4,840) dimana ttabel (1,984) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel harga menunjukkan hasil thitung (0,363) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian roti Saybread. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian roti Saybread adalah promosi.

Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian.

S1 Manajemen
165