PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BMT TAWFIN

Robby Achmad
2411806881
2022
PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BMT TAWFIN
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah BMT TAWFIN. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Accidental sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 80 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 65,7%. faktor-faktor Kepuasan Nasabah dapat dijelaskan oleh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan, sedangkan sisanya 34,3 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel Fasilitas dan Kualitas Pelayanan secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan Nasabah dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (76,639) > Ftabel (3,110). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Fasilitas menunjukkan hasil analisis thitung (4,623) dan variabel Kualitas Pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (4,733) dimana ttabel (1,99006) maka secara parsial valiabel Kualitas Pelayanan dan Harga tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah BMT TAWFIN. Variabel yang dominan mempengaruhi Kepuasan Nasabah adalah Kualitas Pelayanan

Kata kunci: Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah

S1 Manajemen
31