Analisis Strategi Pengembangan UMKM Pada Toko Sembako Pondok Menteng

Siti Nurmilah
2412008518
2024
Analisis Strategi Pengembangan UMKM Pada Toko Sembako Pondok Menteng
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, termasuk di sektor ritel sembako. Namun, UMKM sering kali menghadapi berbagai tantangan seperti keterbatasan modal, manajemen yang kurang efektif, dan persaingan yang ketat. Pada saat ini banyak pebisnis yang melebarkan sayapnya di industri perdagangan salah satunya usaha sembako yang secara luas Sembako ini kebutuhan pokok yang selalu dibutuhkan masyarakat untuk menyalurkan kebutuhan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan yang efektif bagi Toko Sembako Ibu Halimah agar dapat bersaing dan berkembang secara berkelanjutan dengan menggunakan metode jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Kp. Pondok Menteng Rt 01 Rw 04 Desa Citapen Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi dengan menggunakan alat analisis Business Model Canvas, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, QSPM dan merekomendasikan Business Model Canvas baru untuk Toko Sembako Ibu Halimah diimasa mendatang. Hasil penelitian memperoleh skor bobot berdasarkan matriks IFE dengan skor 2,8 dan matriks EFE sebesar 2,9 diketahui bahwa posisi Toko Sembako pada matriks IE berada pada kuadran II yaitu tumbuh dan membangun (grow and build). Yang menunjukan bahwa prioritas strategi yang dapat dilakukan salah satunya WO strategi kemitraan pemasok untuk pengembangan jangka panjang. Pada Bisnis Model Canvas baru hasil penelitian ini dengan merekomendasikan untuk menambahkan produk non makanan serta pencatatan pembukuan lebih tertata dengan baik.

Kata kunci: UMKM, Toko Sembako, Strategi Pengembangan, Analisis SWOT, IFE, EFE, QSPM, Business Model Canvas

S1 Manajemen
2