Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Fasilitas Pembelajaran Terhadap Kepuasan Peserta PT PLN (Persero) UPDL Bogor

Rama Rasip
2411907847
2024
Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Fasilitas Pembelajaran Terhadap Kepuasan Peserta PT PLN (Persero) UPDL Bogor
Depok-GICI Business School-2024
Jurnal

Seiring dengan proses pembelajaran saat ini, saat dilakukan proses perpindahan pembelajaran online ke tatap muka mulai banyak bermunculan komplain yang peserta dapatkan di tempat pembelajaran. Adapun permasalahan yang temukan seperti banyaknya komplain yang berhubungan dengan kualitas layanan, kualitas fasilitas pembelajaran yang tidak sesuai dengan harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Fasilitas Pembelajaran Terhadap Kepuasan peserta Unit Pendidikan dan Pelatihan (UPDL) Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 65 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 39,3% faktor-faktor kepuasan peserta dapat dijelaskan oleh kualitas layanan, kualitas fasilitas pembelajaran sedangkan sisanya 60,7% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas layanan, kualitas fasilitas pembelajaran secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (21,755) > Ftabel (3,14). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas fasilitas pembelajaran menunjukkan hasil analisis thitung (2,851) ttabel (1,998) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta PT PLN (Persero) UPDL Bogor. Adapun variabel kualitas layanan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta PT PLN (Persero) UPDL Bogor dengan nilai hasil analisis thitung (927). Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan peserta PT PLN (Persero) UPDL Bogor adalah kualitas fasilitas pembelajaran.

Kata kunci: Kualitas Layanan, Kualitas Fasilitas Pembelajaran, Kepuasan Peserta

  • JURNAL_RAMARASIP_2411907847.docx
S1 Manajemen
13