PENGARUH KUALITAS PRODUK, ULASAN PELANGGAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SHOPEE DI ACHAVA STORE

Gabriel Stefanus
2412008269
2024
PENGARUH KUALITAS PRODUK, ULASAN PELANGGAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SHOPEE DI ACHAVA STORE
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Perkembangan teknologi dan popularitas e-commerce telah mengubah cara kita untuk berbelanja. Perkembangan teknologi saat ini telah mengubah gaya hidup kita, mendorong perlunya keterlibatan yang konsisten dalam penggunaan internet dan perangkatnya. Kehadiran aplikasi e-commerce membantu masyarakat dalam membeli berbagai macam jenis kebutuhan kapan saja dan dimana saja. Juga barang yang dibeli bisa langsung diantar, sehingga masyarakat merasakan kemudahan dalam berbelanja online melalui aplikasi e-commerce. Pada saat terjadi virus Covid-19 masyarakat dihimbau untuk menjaga jarak dan menghindari pertemuan dengan orang asing untuk mencegah penularan virus. Dalam situasi ini, aplikasi e-commerce yang beragam menjadi solusi bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka, mulai dari kebutuhan dasar hingga kebutuhan sekunder. Adapun beberapa masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah rendah nya tanggapan Achava terhadap ulasan pelanggan, persepsi pelanggan terhadap produk yang dijanjikan, ketidakjelasan promosi yang diiklankan dan yang diterima, keputusan pembelian di pengaruhi oleh tindakan pesaing Achava Store di Shopee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Ulasan Pelanggan, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee di Achava Store. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuisioner. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 80 responden, dengan menggunakan analisis linier berganda. Hasil uji regresi menunjukan bahwa 62,30% faktor-faktor keputusan pembelian melalui Shopee di Achava Store dijelaskan oleh kualitas produk, ulasan pelanggan, dan promosi sedangkan sisanya 37,70 dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil Uji F menunjukan bahwa variabel independen yang terdiri dari kualitas produk, ulasan pelanggan dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui Shopee di Achava Store, sedangkan hasil Uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas produk hasil analisis thitung (2,878), ulasan pelanggan thitung (3,247) dan promosi thitung (3,328) dimana ttabel (1,991) maka secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian melalui Shopee di Achava Store.

Kata kunci: kualitas produk, ulasan pelanggan, promosi, keputusan pembelian

S1 Manajemen
0