PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BOGOR)

Alma Syavana
61404021000271
2024
PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BOGOR)
Depok-GICI Business School-2024
Laporan Tugas Akhir (D III)

Perkembangan industri kosmetik dan skincare mengalami peningkatan dan terus berkembang. Masyarakat Indonesia, terutama kaum wanita sadar akan pentingnya kosmetik dan skincare sebagai kebutuhan dasar atau sehari-hari. Tren penggunaan kosmetik dan skincare yang berkembang, dan tuntutan seseorang dalam berpenampilan menarik di depan khalayak umum menjadi salah satu alasan industri kosmetik dan skincare berkembang dengan baik di Indonesia. Adanya permintaan pasar terhadap kosmetik dan skincare yang terus mengalami peningkatan, menyebabkan produsen kosmetik dan skincare bersaing ketat dalam menciptakan serta menawarkan produk yang mampu memenuhi ekspektasi para calon pembeli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan metode kuantitatif berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara nonprobability sampling dengan teknik sampel berupa Snowball sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 66,80% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variable bebas seperti Citra Merek. Sedangkan selebihnya 34,20% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Persamaan regresi linear sederhana diperoleh Y = 2.935 + 0.717X. Artinya, semakin sesuai citra merek maka semakin tinggi pula keputusan pembelian produk Skintifik di Kota Bogor. Hasil uji t membuktikan bahwa variabel kualitas product menunjukkan hasil analisis thitung (14.142) > ttabel (1.986), maka secara parsial variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Skintific di Kota Bogor.

Kata kunci: Citra Merek, Keputusan Pembelian, Skintific

D3 Manajemen Pemasaran
38