Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perthriftan.id di Tiktok Shop

Raihan Dwi Putra
2412008360
2024
Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perthriftan.id di Tiktok Shop
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Aktivitas pemasaran merupakan salah satu metode yang dilakukan perusahaan dalam mempromosika produk yang ditawarkan. Proses ini bertujuan agar informasi yang dibuat bisa disebarluaskan kepada berbagai elemen, sehingga dapat tersampaikan secara merata kepada semua pihak. Peran pemasaran memiliki kunci penting dalam keputusan pembelian, hal ini untuk mempengaruhi pembeli agar produk yang dipasarkan tersebar luas untuk meningkatkan penjualan guna mencapai tujuan perusahaan agar tercapai. Pengetahuan tentang ilmu pemasaran sangat penting sekali bagi sebuah perusahaan, serta selalu mengedepankan kepuasan layanan agar pengalaman pembelian produk bisa mendapat nilai positif dari pelanggan. Beberapa faktor permasalahan pasti akan muncul yang akan dihadapi perusahaan seperti, menurunya daya beli masyarakat terhadap produk yang mengakibatkan penuruan pertumbuhan dalam suatu bidang usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Online customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perthriftan.id Di Tiktok Shop. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan data kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi liner berganda. Hasil koefisien regresi bahwa 54,6% faktor-faktor keputusan membeli dapat dijelaskan oleh kualitas produk, harga dan online customer review sedangkan sisanya 45,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas produk, harga dan online secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (40,729) > Ftabel (2,697). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas produk menunjukkan hasil analisis thitung (2.671) dan variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (3.323) dimana ttabel (1,661) maka secara parsial kedua valiabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan Pembelian di Perthriftan.id. Adapun variabel online customer review tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Perthriftan.id dengan nilai hasil analisis thitung (0,415). Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan Pembelian di Perthriftan.id adalah variabel harga.

Kata kunci: Kualitas Produk, harga, Online Customer Review, keputusan Pembelian.

S1 Manajemen
2