STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PT. ASTINDO JAYA SAKTI BOGOR

Mita Dwi Yanti
Mita Dwi Yanti
2412008299
2024
STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PT. ASTINDO JAYA SAKTI BOGOR
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Perkembangan bisnis pada saat ini semakin meluas contoh nya adalah industri manufaktur yang dimana sangat membutuhkan support suku cadang mesin industri dengan hasil yang berkualitas demi menjaga kelancaran produksi. Suku cadang mesin industri dapat menjadi kunci keberhasilan dalam bisnis manufaktur. Namun, kendala yang seringkali terjadi pada saat mencari suku cadang mesin industri yaitu menemukan jenis mesin yang cocok juga sesuai seperti mesin suatu perusahaan miliki. Oleh karena itu, jasa pembuatan suku cadang mesin industri ini menjadi solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan produksi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis SWOT untuk menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang ada di PT. Astindo Jaya Sakti dan hasil dari Analisa tersebut akan menghasilkan alternatif stratgi dalam upaya untuk mempertahankan loyalitas pelanggan serta peningkatan-peningkatan dalam strategi bisnis yang dianggap perlu adanya evaluasi.Berdasarkan data diatas, Matriks IFE adalah 3,1 dan Matriks EFE adalah 3,5 makaMatriks IE berada di Kuadran I, dimana posisi strategis PT. Astindo Jaya Sakti berada pada posisi Grow and Build yang menggambarkan kondisi perusahaan sedang bertumbuh dan berkembang sehingga langkah strategis yang dapt dilakukan oleh PT. Astindo Jaya Sakti. Hasil dari analisis faktor lingkungan internal di PT. Astindo Jaya Sakti, telah diketahui faktor kekuatan yang terdiri dari 9 faktor kekuatan yang ditawarkan yaitu, Harga kompetitif, Team professional, Hasil produk berkualitas, watu proses cepat dan sesuai estimasi, Discount harga beragam, Flexible dan bisa diandalkan, Drawing teknik nya jelas, Produk dan jasa bervasiari. Dan faktor yang menjadi kelemahannya ada 4 diantaranya, Jarak workshop yang jauh, Proses mesin masih manual, Birokrasi Panjang, Tida memiliki stok material.

Kata kunci: Suku cadang mesin industry,PT.Astindo Jaya Sakti, Internal Factor Evaluation (IFE), Eksternal Evaluation (EFE), Internal Eksternal (IE), Analisis SWOT, dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)

S1 Manajemen
3