PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING DAN FOTO PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus Mahasiswa Aktif STIE GICI Bogor)

Sevia Dayanti
2412008381
2024
PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING DAN FOTO PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus Mahasiswa Aktif STIE GICI Bogor)
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Foto Produk terhadap keputusan Pembelian produk fashion pada marketplace Shopee. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukan bahwa 88,0% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh online customer review, online customer rating dan foto produk. Sedangkan sisanya 12% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel online customer review, online customer rating dan foto produk secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung = 242,354 > dari Ftabel = 2,700. Hasil uji t menunjukan bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketpace Shopee karena thitung (7,642) > ttabel (1,984) serta nilai signifikansinya di bawah 0,05, online customer rating berpengaruh positif dan signifikan tehadap keputusan pembelian pada marketpace Shopee karena thitung (12,634) > ttabel (1,984) serta nilai signifikansinya di bawah 0,05, dan foto produk tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan tehadap keputusan pembelian pada marketpace Shopee karena thitung (0,269) < ttabel (1,984) serta nilai signifikansinya di atas 0,05. Variabel online customer rating merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketpace Shopee.

Kata kunci: Online Customer Review, Online Customer Rating, Foto Produk, Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
209