PENGARUH PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SHOPEE EXPRESS (STUDY KASUS DAERAH LEUWILIANG BOGOR)

Muhammad Irwansyah Maulana Ibrohim
2412008140
2024
PENGARUH PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SHOPEE EXPRESS (STUDY KASUS DAERAH LEUWILIANG BOGOR)
Depok-GICI Business School-2024
Jurnal

MUHAMMAD IRWANSYAH MAULANA IBROHIM. NIM 2412008140. Pengaruh Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Shopee Express (study kasus daerah leuwiliang bogor). Kemajuan teknologi yang semakin modern tidak dapat kita hindari. Hal ini dikarenakan saat ini semua jenis kegiatan masyarakat dapat difasilitasi oleh teknologi. Pada dasarnya adanya teknologi dapat memudahkan manusia dalam menjalankan berbagai hal terutama berbelanja online. Selain mempermudah masyarakat untuk berbelanja online, teknologi dan internet juga memiliki manfaat yang signifikan bagi wirausahawan dalam mendukung bisnis mereka. Tujuan dengan adanya penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui serta untuk menganalisis Pengaruh Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Shopee Express pada daerah leuwiliang Bogor. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangkan untuk model yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Untuk jumlah sampel daripada penelitian ini adalah berjumlah 100 responden. Pada hasil uji regresi menunjukkan hasil dengan angka sebesar 18,9% menjelaskan bahwa dengan faktor terhadap loyalitas, pelayanan dan kepuasan sedangkan sisanya 82,1% dijelaskan faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Sedangkan pada hasil uji F semua variabel menunjukkan secara simultan pengaruh antara variabel loyalitas pelanggan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung 12,559 lebih besar dari Ftabel =2,70. Untuk hasil uji t menunjukan bahwa variabel pelayanan menunjukan hasil thitung 2,148 dimana ttabel 1,985 mengatkan bahwa variabel pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan shopee express pada daerah leuwiliang bogor sedangkan untuk variabel kepuasan dengan hasil analisis yaitu nilai thitung2,196 dimana ttabel 1,985 mengatakan bahwa varabel kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan shopee express. Variabel yang dominan dalam penelitian ini dan mempengaruhi terhadap loyalitas pelanggan shopee express pada daerah leuwiliang bogor adalah variabel kepuasan.

Kata kunci: pelayanan, kepuasan, loyalitas pelanggan

  • jurnalirwansyah.docx.pdf
S1 Manajemen
2