Analisis Strategi Pemasaran Digital Produk Obat-obatan Hewan di Star Farm International
Dalam beberapa tahun terakhir, industri obat-obatan hewan di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang pesat seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan produk-produk kesehatan hewan. Namun, persaingan yang semakin ketat dan perubahan tren pemasaran dari konvensional ke digital memaksa para perusahaan untuk terus berinovasi dalam strategi pemasarannya. Star Farm International, sebagai salah satu perusahaan di industri ini, merasa kesulitan dalam mengimplementasikan strategi pemasaran digital yang lebih efektif untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk obat-obatan hewannya. Penerapan strategi pemasaran digital yang tepat sangat krusial untuk menjaga daya saing dan relevansi di tengah industri yang terus berkembang ini. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis strategi pemasaran digital yang digunakan Star Farm International dan merumuskan rekomendasi strategi pemasaran digital yang lebih efektif untuk Star Farm International. Adapun metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats). Hasil dari penelitian ini dapat diketahui berbagai metode pemasaran digital yang telah diterapkan oleh Star Farm International yang meliputi penggunaan media sosial, pemasaran konten, pemasaran marketplace, serta optimisasi mesin pencari. Faktorfaktor yang mendukung efektivitas strategi ini antara lain tim pemasaran digital yang profesional, kreatif, dan berpengalaman, kehadiran toko offline, memiliki peternakan sapi, serta infrastruktur yang memadai. Namun, faktor-faktor yang menghambatnya yakni anggaran pemasaran digital yang terbatas dan sumber daya manusia yang terbatas. Identifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman menghasilkan empat alternatif strategi pemasaran digital yang optimal untuk Star Farm International meliputi adopsi teknologi terbaru dan tren digital, integrasi strategi online dan offline, penonjolan keahlian peternakan sapi, mendukung inovasi dan teknologi baru, menciptakan kampanye yang unik, mengadakan program loyalitas, melakukan branding, pemanfaatan teknologi hemat biaya, pengembangan komunitas online, program influencer, merencanakan kampanye strategis musiman, penggunaan AI, alat dan platform hemat biaya, pelatihan tim, kolaborasi dengan mitra dan influencer, serta penggunaan data analitik.
Kata kunci: Strategi Pemasaran Digital, Obat-obatan Hewan, Star Farm International, Analisis SWOT
- Cover_Mochamad Hasbullah_61404021000273.pdf
- BAB I_ Mochamad Hasbullah_61404021000273.pdf
- BAB II_Mochamad Hasbullah_61404021000273.pdf
- BAB III_Mochamad Hasbullah_61404021000273.pdf
- BAB IV_Mochamad Hasbullah_61404021000273.pdf
- BAB V_Mochamad Hasbullah_61404021000273.pdf
- Daftar Pustaka_Mochamad Hasbullah_61404021000273.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.