PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. GHIFARY ANUGERAH ILAHI TOUR & TRAVEL

Anna Zarifah
2412008196
2024
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. GHIFARY ANUGERAH ILAHI TOUR & TRAVEL
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan PT. Ghifary Anugerah Ilahi Tour & Travel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Accidental Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 93 responden, dengan menggunakan analisis linier berganda. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 61,2%. faktor-faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan harga sedangkan sisanya 38,8% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan dan harga secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (73,407) > Ftabel (2,700.). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil thitung (6,693), variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (3.054), dimana ttabel (1.98580) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah kualitas pelayanan.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan

S1 Manajemen
70