Studi Kelayakan Bisnis Pada Pengembangan Produk Usaha Eskulkul (Studi Kasus UMKM Kedai Eskulkul Bocil Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor)

Inriyani
2411907496
2024
Studi Kelayakan Bisnis Pada Pengembangan Produk Usaha Eskulkul (Studi Kasus UMKM Kedai Eskulkul Bocil Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor)
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Perkembangan UMKM di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan. Bisnis makanan dan minuman merupakan salah satu sektor bisnis yang sedang mengalami banyak sekali penggemar. Ini membuktikan bahwa industri makanan dan minuman sebagai sector strategis yang memiliki peran penting dalam menompang pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dunia bisnis saat ini semakin berkembang dan terus beradaptasi dengan teknologi dan inovasi baru yang mengakibatkan tingkat persaingan usaha yang tinggi. Situasi saat ini kualitas dan kelayakan usaha sangat dipertanyakan dalam ranah persaingan usaha, semakin layak usaha tersebut maka potensi hambatan usaha tersebut semakin kecil dan persaingan semakin rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha atau bisnis dari kedai eskulkul bocil. Apakah bisnis ini memiliki potensi pasar yang luas dan menguntungkan, sumber daya manusia yang tepat, serta pengelolaan keuangan yang baik. Jenis penelitian ini menggunakkan penelitian eksploratif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa disetiap aspek dinyatakan Layak. Baik Aspek finansial dan Aspek non-finansial. Pada aspek finansial yaitu aspek keuangan menunjukan hasil berdasarkan perhitungan kriteria investasi Payback Period menunjukan bahwa nilai investasi akan kembali dalam waktu 2 tahun 3 bulan 7 hari, Net Present Value sebesar Rp. 52.909.692,- bernilai positif, Internal Rate of Return sebesar 11% dinyatakan layak dan Profitability index sebesar 2 dinyatakan layak. Seluruh hasil indikator kelayakan yang dihitung menunjukan hasil diatas standar kelayakan sehingga dapat disimpulkan Usaha Kedai Eskulkul Bocil layak untuk di Jalankan.

Kata kunci: UMKM, Studi Kelayakan, Pemasaran, Keuangan

S1 Manajemen
20