PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN COFFEE UD. DJAYA TAMAN MALABAR KOTA BOGOR

Faisal Abdurrahman
2412008262
2024
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN COFFEE UD. DJAYA TAMAN MALABAR KOTA BOGOR
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Bisnis coffee shop merupakan salah satu jenis usaha dalam dunia jasa boga telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menjadi lifestyle atau gaya hidup bagi penikmatnya di Indonesia. Banyaknya gerai kopi di Kota Bogor membuat para pelaku usaha di bidang coffee shop berlomba-lomba melakukan inovasi dalam produk dan juga konsep ruangannya. selain kualitas produk dan harga yang perlu diperhatikan, aspek promosi dan lokasi merupakan elemen penting yang harus di perhatikan oleh seorang pelaku bisnis agar dapat memenangkan persaingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian coffee UD. Djaya Taman Malabar Kota Bogor. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara convenience sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 43,9% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas produk, harga, promosi dan lokasi sedangkan 56,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan secara simultan variabel kualitas produk, harga, promosi dan lokasi secara serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis, yaitu Nilai Fhitung (20,344) > Dari Ftabel = (2,47). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas produk menunjukkan hasil analisis thitung (3,075). Lalu untuk variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung (2,693) dan variabel lokasi menunjukkan hasil analisis thitung (3,623) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk coffee UD. Djaya Taman Malabar Kota Bogor. Adapun variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk coffee UD. Djaya Taman Malabar Kota Bogor, dengan hasil analisis thitung (0,255). Variabel dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian produk coffee UD. Djaya Taman Malabar Kota Bogor adalah lokasi.

Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
16