Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk Periode Tahun 2018-2022

Disti Ningtyas Setiono
2422001965
2024
Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk Periode Tahun 2018-2022
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Pada zaman globalisasi saat ini, setiap perusahaan akan menghadapi persaingan yang sangat ketat sehingga mewajibkan semua pihak maupun divisi dalam sebuah perusahaan untuk membuat perencanaan yang lebih baik lagi dalam melaksanakan kegiatan penjualan. Memperoleh laba merupakan salah satu tujuan umum dari sebuah perusahaan. Laba merupakan salah satu tujuan utama agar sebuah perusahaan memiliki keberlangsungan hidup yang panjang. Begitupun dengan PT.Indofood Sukses Makmur TBK yang menjadikan sebagai elemen utama nan penting untuk dapat mengoperasikan seluruh kegiatan di PT. Indofood Sukses Makmur TBK, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut pada PT. Indofood Sukses Makmur TBK untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh biaya produksi, biaya promosi dan volume penjualan terhadap laba. Oleh karena itu, penelitian akan penulis tuangkan dalam bentuk skripsi yang berjudul “Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada PT. Indofood Sukses Makmur TBK Periode Tahun 2018-2022”. Peningkatan volume penjualan pada tahun 2018-2022 yang terus mengalami fluktuasi, hal itu pun yang terjadi pada laba yang artinya ketika volume penjualan meningkat, maka laba yang dihasilkan akan mengalami peningkatan dan begitupun sebaliknya. Berdasarkan laporan keuangan pada perusahaan PT. Indofood Sukses Makmur TBK yang mengalami peningkatan biaya promosi dan biaya produksi maka hal tersebut memiliki pengaruh terhadap volume penjualan. Hal tersebut membuktikann bahwa secara tidak langsung biaya produksi, biaya promosi dan volume penjualan memiliki keterkaitan satu dengan lainnya. Dalam penelitian yang dilakukan oleh (Ratu & Rachmawati, 2022) tersebut menunjukan hasil penelitian bahwa secara simultan variabel biaya produksi, biaya promosi dan volume penjualan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap laba berish pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman dengan uji f memiliki nilai f hitung 23,195 > f tabel 3,24 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05

Kata kunci: Kata kunci : Biaya Produksi, Biaya Promosi, Volume Penjualan, Laba

S1 Akuntansi
25