Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Benih Sayuran Buah Di F9 Farm Bogor

Listyana Afaf
2412008495
2024
Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Benih Sayuran Buah Di F9 Farm Bogor
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Hidroponik merupakan cara menanam yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanam, namun memanfaatkan air dan media tanam berupa benda padat seperti rockwool, cocopeat, dan spons. Kegunaan menanam dengan sistem hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas sehingga bisa menjadi solusi untuk masyarakat yang memiliki lahan terbatas untuk tetap berkebun. Usaha hidroponik banyak diperjual belikan oleh sebagian UMKM, dengan ini menunjukan persaingan bisnis menjadi semakin ketat. F9 Farm Bogor menjadi salah satu contoh usaha hidroponik yang berada dikawasan Ciawi Bogor, usaha ini bergerak dibidang pertanian. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di F9 Farm Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di F9 Farm Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis linear berganda. Hasil uji regresi menunjukan bahwa 64,60% faktor-faktor keputusan pembelian di F9 Farm Bogor dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk, harga, promosi, dan lokasi sisanya 35,40% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukan bahwa variabel independen yang terdiri dari kualitas produk, harga, promosi, dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di F9 Farm Bogor dengan hasil analisis Fhitung = (46,25) > dari Ftabel = (2,47). Hasil Uji t menunjukan bahwa variabel kualitas produk menunjukan hasil thitung (6,674), harga (-7,587), promosi (5,525), lokasi (4,952), dimana ttabel (1,984) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian di F9 Farm Bogor adalah variabel kualitas produk.

Kata kunci: kualitas produk, harga, promosi, lokasi, keputusan pembelian

S1 Manajemen
55