PENGARUH KUALITAS PRODUK,INOVASI, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM PANGSIT PEDAS JAJANAN DENA

Nova Umayasari
2412008343
2024
PENGARUH KUALITAS PRODUK,INOVASI, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM PANGSIT PEDAS JAJANAN DENA
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Pangsit pedas telah menjadi pilihan favorit bagi banyak konsumen karena rasa pedasnya yang khas dan cita rasa yang mengugah selera. Dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat, para pemilik umkm pangsit pedas perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi keputusan pembelian konsumen termasuk kualitas produk, inovasi, harga, dan lokasi yang efektif. Meskipun begitu, hingga saat ini belum ada yang secara khusus mengkaji pengaruh kualitas produk, inovasi, harga, dan Lokasi terhadap keputusan pembelian UMKM pangsit pedas. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, inovasi, harga, dan Lokasi terhadap keputusan pembelian umkm pangsit pedas di jajanan dena. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif degan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Sampel Jenuh (Sensus). Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 56,60% faktor – faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas produk, harga, inovasi, dan lokasi sedangkan sisanya 43,40% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel kualitas produk, harga, inovasi dan lokasi secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis, yaitu nilai Fhitung (33,343) > dari Ftabel = (2,47). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas produk menunjukkan hasil analisis thitung (0,519), variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (3,579), variabel inovasi menunjukan hasil analisis thitung (4,269) dimana ttabel (1,985) dan variabel lokasi menunjukan hasil analisis thitung (-0,640) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial dua variable yaitu Harga dan inovasi berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Pangsit pedas jajanan dena. Adapun variabel Kualitas produk tidak berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk pangsit pedas jajanan dena dengan hasil nilai analisis thitung (0,519) dan variable lokasi tidak berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk pangsit pedas jajanan dena dengan hasil nilai analisis thitung (-0,640) . Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian produk pangsit pedas jajanan dena adalah inovasi.

Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Inovasi, dan lokasi

S1 Manajemen
12