PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BABA PARFUM (STUDI KONSUMEN KOTA DEPOK)

Rafiq Nurfuadi
2412008136
2024
PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BABA PARFUM (STUDI KONSUMEN KOTA DEPOK)
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Gaya hidup konsumen dalam menggunakan parfum berbeda – beda antara laki – laki dan perempuan, tergantung dari kepribadian mereka menggunakan parfum dalam aktifitas nya sehari – hari. Biasanya mereka menentukan pilihan parfum yang banyak beredar di pasaran dan mereka akan memutuskan pilihannya pada suatu parfum yang dapat memenuhi segala kebutuhan serta kualitas dari parfum tersebut, tetapi juga terkadang mereka menentukan pilihannya atas suatu parfum berdasarkan pada image dari merek tersebut yang telah terbentuk di benak pelanggan, karena image yang baik akan menjadikan suatu merek produk menjadi incaran pertama dari konsumen untuk menentukan produk yang akan dibelinya. Tujuan dengan adanya penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui serta untuk menganalisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Baba Parfum di Kota Depok. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangkan untuk model yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Untuk jumlah sampel daripada penelitian ini berjumlah 100 responden. Pada hasil uji regresi menunjukkan hasil dengan angka sebesar 39,2% menjelaskan bahwa dengan faktor keputusan pembelian oleh harga, kualitas produk, dan merek sedangkan sisanya 60.8% dijelaskan faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Sedangkan pada hasil uji F semua variabel menunjukkan secara simultan kepada variabel keputusan pembelian, harga, kualitas produk dan merek secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung 22,309 > Ftabel = 2,700. Untuk hasil uji T menunjukkan bahwa variabel harga menunjukkan hasil thitung (1,774) dimana ttabel (1.985) tidak berpengaruh signifkan terhadap keputusan pembelian Baba Parfum di Kota Depok. Sedangkan untuk variabel kualitas produk dengan hasil thitung (6,788) dimana ttabel (1.985) dan untuk variabel merek dengan hasil thitung (3,368) dimana ttabel (1.985) menunjukan hasil bahwa variabel kualitas produk dan merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Baba Parfum di Kota Depok. Variabel yang begitu dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian Baba Parfum di Kota Depok ialah variabel kualitas produk.

Kata kunci: Harga, Kualitas Produk, Merek, Keputusan pembelian

S1 Manajemen
23