PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. NAYAKA ERA HUSADA

Ratna Yupriyanto
2412008131
2024
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. NAYAKA ERA HUSADA
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan di PT. Nayaka Era Husada. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Accidental Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis linier berganda. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 62,6 % faktor-faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan fasilitas sedangkan sisanya 37,4 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan dan fasilitas secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (83,852) > Ftabel (3,090). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil thitung (9,754), variabel fasilitas menunjukkan hasil analisis thitung (3.554), dimana ttabel (1.98397) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah kualitas pelayanan

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Pelanggan

S1 Manajemen
5