PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA INDOMARET GRAND WISATA

Jihan Faradilla
2412008037
2024
PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA INDOMARET GRAND WISATA
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

ABSTRAK JIHAN FARADILLA. NIM 2412008037. Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Indomaret Grand Wisata. Analisis terfokus pada bagaimana faktor-faktor ini memengaruhi preferensi dan perilaku pembelian konsumen dalam konteks pasar tertentu. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara harga produk dan program promosi dengan keputusan akhir konsumen untuk membeli, dengan mengeksplorasi dampak psikologis dan ekonomi dari kedua variabel tersebut. Metode analisis data kuantitatif digunakan untuk menggambarkan pola dan tren yang mungkin terjadi, sambil mempertimbangkan variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Indomaret Grand Wisata. Jenis penelitian yang digunakan adalah pejelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Rumus Slovin. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukan bahwa 92,90% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh harga dan promosi sedangkan sisanya 7,10%, dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel harga dan promosi secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (107,689) Ftabel (3,938). Hasil uji t menunjukan bahwa variabel harga menunjukan hasil analisis thitung (4,071) dan variabel promosi menunjukan hasil analisis thitung (8,163) dimana ttabel (1,661) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Indomaret Grand Wisata. Kata kunci : Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Kata kunci: Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
11