Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Publik Transjakarta (Koridor 9 Pinang Ranti-Pluit)

Muhammad Wanli Dwitama
2412008116
2024
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Publik Transjakarta (Koridor 9 Pinang Ranti-Pluit)
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan kinerja pegawai terhadap kepuasan pengguna transportasi publik di Transjakarta Koridor 9. Dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda, data dari 100 responden dikumpulkan dan dianalisis. Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Implikasi manajerial dari temuan ini adalah bahwa manajemen Transjakarta Koridor 9 harus memberikan fokus yang lebih besar pada peningkatan kualitas pelayanan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pengguna. Hal ini dapat dicapai melalui pelatihan karyawan untuk meningkatkan keterampilan interpersonal mereka, perbaikan fasilitas seperti kebersihan dan kenyamanan halte bus, serta memastikan aksesibilitas yang memadai bagi pengguna. Dengan demikian, langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pengguna secara keseluruhan dan memperkuat reputasi Transjakarta Koridor 9 sebagai pilihan transportasi publik yang dapat diandalkan dan berkualitas.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengguna, Regresi Linear Sederhana

S1 Manajemen
13