PENGARUH PRODUK HARGA TEMPAT DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI IKLIM COFFEE BEKASI

Irfan Maulana
2412008282
2024
PENGARUH PRODUK HARGA TEMPAT DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI IKLIM COFFEE BEKASI
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Pertumbuhan perekonomian Indonesia yang semakin membaik menjadi pendorong tumbuhnya daya beli masyarakat, pada kondisi ini menyebabkan munculnya berbagai jenis usaha yang dibutuhkan oleh masyarakat, salah satunya adalah usaha kuliner.Perekonomian di Indonesia menurut Kemenparekraf didominasi oleh tiga subsektor yaitu Kriya, Kuliner dan Fashion. ketiga subsektor ini menyumbang 75% PDB ekonomi kreatif. Jika di rata-ratakan setiap tahunnya sektor kuliner menyumbang sekitar 42%, fashion 18%, dan kriya 15% terhadap total PDB/GDP pada sektor ekonomi kreatif.Guna mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian dan sebagai upaya dalam perbaikan dimasa mendatang, maka penulis dalam penelitian ini ingin mengetahui sejauh mana marketing mix 4P (Product, Price, Place, Promotion,) memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana Produk,Harga,Tempat dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Iklim Coffee Bekasi Dengan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang dilakukan secara survei yaitu penelitian yang bersifat pengumpulan data dari sampel atas populasi untuk mewakili seluruh popuasi yang ada dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling (secara acak) dengan sampel sebanyak 100 responden, Hasil uji regresi pada penelitian ini nilai Adjusted R Square adalah 0,864 atau 86,4%. Ini dapat katakan bahwa variabel independen berupa poduk,harga,tempat dan promosi secara bersama – sama mempengaruhi variabel dependen keputusan pembelian di Iklim Coffee Bekasi sebesar 86,4% sedangkan sisanya 13.6% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk kedalam penelitian ini, misalnya seperti bukti fisik,orang proses dan lain sebagainya. Hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel Produk,Harga,Tempat dan Promosi secara serempak (Simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan hasil nilai Fhitung = (153,081) > dari Ftabel (2,700). Adapun Hasil uji t (Parsial) menunjukan bahwa variabel Produk menunjukan hasil anaslisis thitung (3,335), variabel Harga menunjukan hasil anaslisis thitung (4,293) variabel Tempat menunjukan hasil anaslisis thitung (2,148) dan variabel Promosi menunjukkan hasil analisis thitung (18,525) dengan penetapan ttabel (1,980) maka secara pasrial keempat variable independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Iklim Coffee Bekasi. Dan nilai Coefficients Beta dari semua variabel independen yang telah diuj dapat dilihat bahwa nilai tertinggi adalah variabel promosi yaitu sebesar 0,847 yang berarti bahwa promosi merupakan variabel paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Iklim Coffee Bekasi.

Kata kunci: Produk,Harga,Tempat,Promosi,Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
11