ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA TOKO BAJU PUTRI COLLECTION DI JAKARTA SELATAN

Devi Fitriani
2411806874
2022
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA TOKO BAJU PUTRI COLLECTION DI JAKARTA SELATAN
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Strategi pemasaran sangat penting bagi perusahaan untuk meningkatkan performance perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran Toko Baju Putri Collection. Metode penelitian yang digunakan Toko Baju Putri Collection berupa pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisa strategi Toko Baju Putri Collection menggunakan pendekatan matriks SWOT, IFE, EFE, IE dan Quantitative Strategic Planning Matrik (QSPM). Berdasarkan analisis matriks Internal Factor Analysis Summary (IFAS) diperoleh total skor 2,736. sedangkan, analisis matriks Eksternal Factor Analysis Summary (EFAS) sebesar 2,721. Hasil matriks Internal Eksternal (IE) berada pada sel V yaitu dimungkinkan Toko Baju Putri Collection melakukan strategi penetrasi dan pengembangan produk. Strategi Jaga dan Pertahankan didesain untuk menjaga stabilitas perusahaan, baik dalam penjualan, asset, profit, atau kombinasi ketiganya. Hal ini dapat dicapai dengan strategi penetrasi pasar dengan memperluas market share melalui peningkatan kegiatan pemasaran atau promosi, dan pengembangan produk dengan cara meningkatkan kualitas produk, inovasi produk kemasan ekonomis agar dapat dijangkau konsumen, dan inovasi pengembangan produk baru. Matriks SWOT menghasilkan 10 alternatif strategi yang dipilih oleh Toko Baju Putri Collection. Berdasarkan Quantitative Strategic Planning Matrik (QSPM) alternative strategi yang paling diusulkan dan diprioritaskan adalah meningkatkan kualitas produk. Strategi tersebut mendapatkan skor TAS (Total Atractiveness Score) sebesar 7,337.

Kata kunci: Kata Kunci : Matrik IE, Matrik IFAS, Matrik EFAS, QSPM, Matriks SWOT, Strategi Pemasaran.

S1 Manajemen
197