PENGARUH STORE ATHMOSPHERE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO INDOMARET FRESH GRAND WISATA KABUPATEN BEKASI

Nurul Aini Maghfiroh
2412008058
2024
PENGARUH STORE ATHMOSPHERE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO INDOMARET FRESH GRAND WISATA KABUPATEN BEKASI
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

NURUL AINI MAGHFIROH. NIM 2412008058. Pengaruh Store Atmoshphere Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Indomaret Fresh Grand Wisata Kabupaten Bekasi. Perubahan gaya hidup, kebiasaan, selera, dan cara berbelanja masyarakat Bekasi mendorong pelaku bisnis retail untuk semakin kreatif dalam menciptakan ideide baru. Harga dan kualitas tidak lagi menjadi pertimbangan utama bagi konsumen dalam memilih tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari. Suasana yang nyaman dan pelayanan yang ramah kini menjadi faktor penting yang dipertimbangkan oleh konsumen sebelum memutuskan untuk berbelanja di toko retail tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh store atmoshphere dan promosi terhadap keputusan pembelian di toko Indomaret Fresh Grand Wisata Kabupaten Bekasi. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif dengan metode penelitian pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara non-probabilitay dengan teknik purposive sampling. Adapun jumlah sampel tersebut adalah 100 responden dengan menggunakan model analisis yang di gunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil pada uji regresi menunjukkan bahwa 63,18% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan okeh store atmoshphere dan promosi sedangkan sisanya 36,82% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel store atmoshphere dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung = 62,673 > Ftabel = 2,700. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel store atmoshphere menunjukkan hasil analisis thitung (3,949) dan variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung (6,321) dimana ttabel (1,984) maka secara parsial store atmoshphere dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di toko Indomaret Fresh Grand Wisata Kabupaten Bekasi.

Kata kunci: Store Atmoshphere, Promosi, Keputusan Pembelian.

S1 Manajemen
14