STRATEGI PEMASARAN UPAYA MENDORONG DAYA TARIK PELANGGAN CAFE DI KONS3P COFFEE CIBITUNG

Mela Karmelia
2412008044
2024
STRATEGI PEMASARAN UPAYA MENDORONG DAYA TARIK PELANGGAN CAFE DI KONS3P COFFEE CIBITUNG
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Peluang bisnis adalah peluang untuk seseorang menajalankan bisnis dengan menggunakan strategi tertentu. Seseorang yang berjiwa pengusaha tidak boleh melawatkan peluang bisnis yang sangat luas ini. Pengusaha yang bijaksana ialah ketika ia mampu mengembakangkan inovasi dan kreatifitas dalam kegiatan usahanya dengan memanfaatkan peluang yang ada serta memiliki mental yang kuat untuk menghadapi pesaing yang ada. Tujuan penelitian ini untuk menentukan strategi pemasaran upaya mendorong daya tarik pelanggan cafe pada usaha Coffee Shop yang bernama Cafe Kons3p Coffee Cibitung melalui analis SWOT dan analisis matriks IFE dan matriks EFE. Dalam menentukan strategi pemasaran perlu di ketahui dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Penelitian yang di gunakan adalah penelitian dengan menggunakan kualitatif subjek penelitian ini adalah pemilik caffe, karyawan, dan consumen. Sampel penelitian ini adalah pemilik caffe, barista, koki, dan consumen. Di Cafe Kons3p Coffee Cibitung dengan jumlah keseluruhan 4 Orang. Teknik sampel yang di gunakan pada penelitian ini di lakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis kekuatan yaitu lokasi yang strategis, tempat luas dan nyaman, produk yang berkualitas, harga yang terjangkau, serta pelayanan yang ramah dan cepat, sedangkan kelemahannya kurang nya karyawan sehingga memerlukan pegawai part time dan minimnya promosi. Pada pelungnya yaitu berada di lingkungan industri, serta berkembangnya teknologi dan budaya sehingga menjadikan budaya berkumpul dan bersantai di Coffe Shop, semantara ancam yang di hadapi yaitu adanya pesaing yang sama dan pesaing yang memberikan harga lebih murah dan mulai tumbuh pesaing yang baru. Strategi yang di dapat yaitu dengan memperbaiki promosi dan selalu mempertahankan kualitas dan pelayanan, serta mempertahankan cita rasa yang tidak pernah berubah. Sebagai saran harus meningkatkan lagi promosi produk dan tempat, agar konsumen semakin bertambah.

Kata kunci: ancaman, kekuatan, kelemahan, peluang, strategi pemasaran.

S1 Manajemen
6