Analisis Efektivitas Layanan Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) Di PT Pegadaian UPC Serang Cikarang

Afifatu Atikah
2412008007
2024
Analisis Efektivitas Layanan Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) Di PT Pegadaian UPC Serang Cikarang
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

ABSTRAK AFIFATU ATIKAH. NIM 2412008007. Analisis Efektivitas Layanan Aplikasi Pegadaian Digital Service Di PT Pegadaian (Perseo) UPC Serang Cikarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan aplikasi pegadaian digital service di Pegadaian (Persero) UPC Serang Cikarang dan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pengguna serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari aplikasi PDS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan dianalisa dengan mewawancarai pegawai PT Pegadaian yaitu pengelola dan kasir dan nasabah UPC Serang Cikarang pengguna aplikasi PDS, dengan jumlah responden sebanyak 20 orang menggunakan purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selain itu juga menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa peran layanan pegadaian digital service cukup efektif dan efisien sehingga memudahakan nasabah dalam bertransaksi tanpa harus datang ke kantor pegadaian dan sudah memberikan kemudahan dan kepuasan nasabah dalam memenuhi kebutuhan nasabah dalam bertransaksi menggunakan aplikasi PDS dengan cepat, aman dan nyaman. Dalam analisis SWOT pegadaian digital service posisi aplikasi PDS berada pada posisi growth atau strategi agresif yang berada di kuadran 1 artinya aplikasi PDS dalam posisi yang sangat menguntungkan. Dengan hasil analisis IFAS, faktor kekuatan dan kelemahan memiliki total skor 3,11 dan hasil analisis EFAS, faktor peluang dan ancaman memiliki skor 3,28. Dengan menggunakan strategi SO (Strenght-Opportunity) memanfaatkan kekuatan untuk mengambil peluang. Dan untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengupas lebih dalam tentang kemudahan bertransaksi menggunakan aplikasi PDS bagi nasabah pegadaian.

Kata kunci: Efektivitas, Pegadaian Digital Service (PDS), Layanan

S1 Manajemen
8