PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN ( Studi Kasus Pada PT. Aliya Properti – Bekasi )

Salsabila Ramadhani
2411806803
2022
PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN ( Studi Kasus Pada PT. Aliya Properti – Bekasi )
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia mempengaruhi perkembangan bisnis properti di Indonesia, sehingga kebutuhan akan tempat tinggal pun juga ikut meningkat, hal ini merupakan sebuah peluang bagi para pengusaha yang menjalankan bisnisnya pada bidang properti. PT. Aliya Properti merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri properti khususnya pada bidang pembangunan, renovasi, investasi, dan jual beli rumah, tanah, ruko, dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran PT. Aliya Properti. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif berupa pengumpulan data menggunakan wawancara. Model analisis data yang digunakan adalah matriks IFE, EFE, IE, dan SWOT. Hasil dari matriks IFE menunjukan skor 3,19 yang menandakan bahwa berdasarkan faktor internal perusahaan dalam posisi kuat. Hasil analisis matriks EFE menunjukan skor 2,71 yang menandakan bahwa perusahaan berhasil menarik keuntungan dari peluang eksternal dan menghindari ancaman yang datang pada perusahaan. Hasil analisis matriks IE berada dalam sel atau kuadran IV yang disebut strategi Stabilitas Tumbuh dan Membangun. Hasil dari analisis SWOT yaitu mendapatkan alternatif strategi untuk perusahaan. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini strategi pemasaran yang tepat untuk digunakan perusahaan yaitu strategi Transactional Marketing dan Relationship Marketing. Hasil dari matriks QSPM menunjukan strategi alternatif yang paling baik untuk dipilih adalah Melakukan inovasi produk, dari produk lama yang belum terjual atau kurang diminati.

Kata kunci: Matriks IFE, EFE, IE, QSPM, SWOT

S1 Manajemen
161