Analisis Strategi Bisnis CV. SINRLAR MEKARWANGI Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis

Lia Aulia
2411806756
2022
Analisis Strategi Bisnis CV. SINRLAR MEKARWANGI Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis
Depok-GICI Business School-2022
Jurnal

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bersaing yang digunakan CV.SINAR MEKARWANGI dalam menghadapi persaingan bisnis, dan merumuskan alternatif strategi baru dengan melihat faktor ekternal dan internal serta memahami apa yang digunakan pesaing dalam menjalani bisnis sehingga menjadi ancaman untuk CV.SINAR MEKARWANGI sehingga perusahaan bisa memanfaatkan ancaman sebagai peluang untuk perusahaan memperbaiki bisnis. Jenis penelitian yang gunakan adalah analisis SWOT, dengan mencari matriks EFAS dan Matriks IFAS dan mencari matriks SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman). Hasil analisis menunjukan penilaian terhadap faktor eksternal dan internal yang dimiliki oleh CV.SINAR MEKARWANGI dapat di peroleh total skor yang merupakan hasil dari perkalian bobot dan rating. CV.SINAR MEKARWANGI memperoleh total skor 3,3 untuk faktor strategi eksternal, sedangkan pada faktor strategis internal menghasilkan total skor 3,35. Strategi OS (Opportunities strength) ini dilakukan untuk memanfaatkan kekuatan perusahaan guna menangkap peluang yang dimiliki perusahaan. Menggunakan media promosi yang tepat sasaran yaitu media promosi dengan jarigan internet, karena media promosi dengan jaringan internet sangat dapat digunakan pada era modern, konsumen dapat mengakses permintaannya dengan mudah dan fleksibel karena dapat diakses dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Kata kunci: Kata kunci: Analisis strategi, Persaingan Bisnis, Analisis Swot

S1 Manajemen
101