PENGARUH KUALITAS DAN HARGA JASA CETAK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TARHUD MEDIA BOGOR

Ratu Balqis
2411807264
2022
PENGARUH KUALITAS DAN HARGA JASA CETAK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TARHUD MEDIA BOGOR
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Percetakan Tarhud Media merupakan salah satu percetakan yang berkembang dibidang digital printing, yang melayani pemesanan cetak serta menerima pesanan desain. Selama empat tahun terakhir Percetakan Tarhud Media mengalami fluktuasi pada jumlah pelanggan. Salah satu faktor yang menyebabkan fluktuasi itu terjadi adalah jumlah terdapatnya keluhan-keluhan yang pelanggan sampaikan terhadap kualitas jasa cetak atau pelayanannya. Adapun munculnya pesaing dalam perusahaan sejenis yang menimbulkan fluktuasi, sehingga menggambarkan bahwa kualitas pelayanan pada Percetakan Percetakan Tarhud Media belum cukup baik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh kualitas dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada Percetakan Tarhud Media Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara acidental sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa 62,0% faktor-faktor kepuasan pelanggan dijelaskan oleh kualitas dan harga sedangkan sisanya 38,0% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari kualitas dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan kepuasan pelanggan pada percetakan Tarhud Media dengan hasil analisis Fhitung = (81.914) > Ftabel = (3,09). Hasil uji T menunjukkan bahwa variabel kualitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan karena Thitung (2.075) > Ttabel (1.985) serta nilai signifikannya di atas 0,05. Sedangkan variabel harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan karena Thitung (5.216) > Ttabel (1.985) serta nilai signifikannya di bawah 0,05.

Kata kunci: Kualitas Jasa, Harga, Kepuasan Pelanggan

S1 Manajemen
131