PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI BUMAME FARMASI BOGOR

Dwika Desebriani
2411806954
2022
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI BUMAME FARMASI BOGOR
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Seiring dengan meningkatnya kasus Covid-19, perkembangan pandemi Covid-19 terjadi begitu cepat, penularannya meluas ke berbagai Negara dalam waktu singkat. Salah satu bisnis yang bergerak di bidang farmasi yang menyediakan tes Covid-19 yaitu Bumame Farmasi Bogor. Dibalik itu ada beberapa keluhan tentang pelayanan dan harga yang ditawarkan oleh Bumame Farmasi Bogor. Alasan inilah yang menyebabkan perlunya pelayanan yang memuaskan dan harga yang terjangkau kepada pelanggan Bumame Farmasi Bogor agar kepercayaan pelanggan semakin meningkat serta kepuasan pelanggan semakin baik pula. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Bumame Farmasi Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Bumame Farmasi Bogor. Jenis penilitian ini yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pemilihan sampel yang digunakan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 70,40% faktor-faktor kepuasan pelanggan Bumame Farmasi Bogor dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan harga sedangkan sisanya 29,60% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Bumame Farmasi Bogor dengan hasil analisis nilai Fhitung = 118,491 > dari Ftabel = 3,09. Uji t menunjukkan variabel kualitas pelayanan hasil analisis thitung (4,226), harga (10,088) dimana ttabel (1,984) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Bisa dijelaksan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan Bumame Farmasi Bogor adalah harga.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan.

S1 Manajemen
50